Mengapa Uang Tidak Bisa Membuat Orang Bahagia?

Banyak orang yang berusaha menjadi seorang yang kaya dan mempunyai banyak uang. Pasalnya, orang tersebut yakin bahwa ia akan bahagia dengan uang, padahal sebenarnya tidak. Apakah Rekan Bijak merupakan salah satu orang yang percaya uang membuat orang bahagia? Jika ya, mulai sekarang buanglah jauh-jauh pemikiran tersebut!

Mengapa Uang Tidak Bisa Membuat Orang Bahagia?

Mengapa Uang Tidak Bisa Membuat Orang Bahagia?

Rekan Bijak, apakah kamu pernah merasa bahwa kamu bahagia jika dari uang? Bisa dikatakan, anggapan bahwa uang bisa memberikan kebahagiaan merupakan suatu kesalahan. Pasalnya, tidak ada bukti bahwa orang bisa bahagia dari uang. Yang ada malah orang-orang terkenal yang akhirnya meninggal dunia akibat bunuh diri. Ada banyak contohnya, mulai dari Scott Young yang bunuh diri di Pennhouse nya, Otto Beisheim hingga Amy Winehouse.

Dari pengalaman para figur terkenal tersebut, dapat disimpulkan bahwa walaupun mereka merupakan artis terkenal atau pun pengusaha kelas kakap, namun mereka tetap tidak bahagia dan memutuskan untuk bunuh diri. Jonathan Swift, seorang satiris, pernah berkata, “Semua orang boleh mempunyai uang dalam pikiran, namun tidak dalam hati.” Hal ini dikarenakan memang uang tidak akan memberikan kebahagiaan, namun akan memberi kehidupan. Karena itu kita tetap membutuhkan uang, namun kita tidak boleh berharap untuk bahagia dari uang.

Lalu, apa saja alasan mengapa uang tidak bisa membuat seseorang bahagia?

Uang Hanya Memberikan Kebahagiaan Sementara

bahagia

Kebahagiaan merupakan sesuatu yang tidak berbentuk fisik. Ia berbentuk tidak kelihatan dan tidak akan bisa dibeli. Walaupun begitu, uang tetap bisa memberikan kebahagiaan, namun sifatnya semu dan hanya sementara. Kebahagiaan yang datang dari uang akan habis dalam sekejap. Mengapa? Karena rasa bahagia tersebut hanya muncul ketika baru pertama kali merasakannya, berbeda dengan ketika sudah biasa.

Kebahagiaan dari uang contohnya adalah seperti ketika mendapatkan gaji untuk pertama kali. Karena merasa bisa membeli banyak hal yang ada ketika tidak punya uang, seseorang bisa sangat bahagia. Namun, hal itu akan berbeda ketika sudah biasa menerima gaji. Pastinya akan terus berharap lebih, oleh karena itu uang tidak bisa memberikan kebahagiaan.

Syarat Bahagia dari Uang Hanya Akan Menyusahkan

bahagia

Banyak orang bertanya, “Gimana sih caranya buat hidup enak?” Dan kebanyakan jawaban adalah, “Makanya cari duit yang banyak.” Memang, hidup bisa jadi jauh lebih mudah ketika mencari uang pun sudah mudah, namun perlu diingat, bahwa hal itu tidak menjamin akan adanya kebahagiaan. Kebahagiaan tidak dapat diukur oleh uang, dan hal itu perlu diingat.

Uang tidak dapat memberikan kebahagiaan berlebih. Syarat bahwa kebahagiaan harus berasal dari uang adalah suatu hal yang tidak akan pernah didapat. Pasalnya, uang akan habis dan harus dicari terus. Dan ketika uang habis, maka kebahagiaan pun juga habis. Dan lebih parahnya lagi, jika kebahagiaan bersumber dari uang, maka yang bermasalah adalah orang yang benar-benar kaya hingga tidak tahu bagaimana cara agar uangnya habis. Ia tak akan mendapatkan kebahagiaan lagi karena uangnya sudah sangat banyak.

Semakin Banyak Uang, Semakin Banyak Barang yang Dimiliki, Membuat Hidup Semakin Sulit

bahagia

Pernah ada seorang yang berkata, bahwa kemudahan didapat dengan banyak uang. Barang-barang pun makin banyak yang dibeli. Namun secara tidak sadar, hal ini hanya akan membuat hidup makin merepotkan dan sulit. Pasalnya, ketika uang banyak, kamu akan membeli banyak barang, dan mungkin kamu akan membeli barang yang lebih bagus daripada barang yang kamu punyai. Hal ini berhubungan dengan peningkatan kualitas hidup, dan jika hal itu terjadi, kamu akan terlalu dituntut untuk meningkatkan kualitas hidup.

Kamu justru akan makin sibuk untuk membeli banyak barang bermerek demi terlihat seperti orang gaul, lalu kamu akan membeli mobil yang lebih bagus dan futuristik, padahal mobil seperti itu juga butuh perawatan yang baik dan benar, sehingga harus sangat berhati-hati memakainya. Hal-hal ini berbeda ketika belum punya uang yang banyak, karena kamu hanya dituntut untuk memenuhi kebutuhan sandang, pangan, papan.

Tidak Bisa Menikmati Hal-Hal Kecil yang Memberi Kebahagiaan

bahagia

Menikmati hal-hal kecil yang membuat seseorang bahagia bisa dikatakan sesuatu yang jarang dipunyai oleh orang-orang yang punya banyak uang. Pasalnya, banyak kebahagiaan yang sebenarnya berasal dari hal-hal kecil, seperti pergi berdua saja dengan pacar, menikmati pemandangan saat malam, menunggu seseorang yang sudah lama pergi datang kembali, dan lain-lain. Dengan hal-hal kecil tersebut, orang bisa menikmati kebahagiaan.

Ada pun, jika kamu benar-benar menikmati kebahagiaan dengan mengharapkan datangnya kebahagiaan dari uang, maka kamu akan tidak bahagia. Pasalnya, kebahagiaan dari uang hanya akan membuang waktu, dan kamu akan terus mengharapkan kebahagiaan dari uang, jadi kamu pun tidak dapat menikmati kebahagiaan yang datang dari hal-hal kecil.

Nah, Rekan Bijak, ingat, uang bukanlah sumber dari kebahagiaan. Uang tidak memberikan kebahagiaan. Ya, uang memberikan kehidupan yang layak, namun tidak menjamin kebahagiaan. Jadi, jangan sampai kamu menggantungkan kebahagiaanmu pada uang, ya Rekan Bijak!

bahagia

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: