Simak Variasi Biaya Sekolah Menengah Atas di 5 Sekolah Internasional!

Sekarang ini, kebanyakan orangtua menginginkan anaknya bisa bahasa lain, agar memiliki masa depan yang baik, juga memiliki prospek pekerjaan yang bagus. Salah satu caranya adalah memasukkan anaknya ke dalam sekolah internasional. Namun, sekolah internasional dikenal sebagai sekolah yang memang memerlukan biaya tak sedikit.

Simak Variasi Biaya Sekolah Menengah Atas di 5 Sekolah Internasional!

Simak Variasi Biaya Sekolah Menengah Atas di 5 Sekolah Internasional!

Sekolah Internasional merupakan sebuah jenjang sekolah nasional dengan standar mutu internasional. Seperti yang kita tau, sekolah internasional sudah cukup menjamur di Indonesia dan sudah banyak, bahkan mungkin saja di setiap kota besar di Pulau Jawa ada sekolah internasional. Mengapa? Menjamurnya sekolah-sekolah internasional biasanya dikarenakan Orangtua merasa kewajiban bagi anak-anaknya tersebut untuk belajar bahasa luar negeri, terutama bahasa Inggris, dalam rangka agar bisa mengikuti perkembangan zaman.

Selain itu, penawaran yang diberikan oleh sekolah-sekolah internasional, seperti kurikulum dari negara-negara maju seperti Inggris, Amerika Serikat atau Australia, lalu fasilitas yang lengkap dengan guru yang rata-rata dari luar negeri, ditambah lagi juga ada kesempatan pergi ke luar negeri baik dalam rangka pertukaran pelajar. Namun, tawaran-tawaran tersebut tentunya juga harus dibayar dengan harga yang tidak murah. Sekolah-sekolah internasional pastinya berusaha memberikan yang terbaik, termasuk dalam memberikan penawaran-penawaran dengan universitas-universitas di luar negeri sebagai rangka dari kerjasama internasional.

Lalu, bagaimana dengan biaya dari sekolah-sekolah internasional terutama sekolah menengah atas? Inilah variasi biaya sekolah menengah atas dari sekolah-sekolah internasional!

SMA Pelita Harapan Lippo Cikarang

sekolah internasional

Sumber : ibyb.org

Lokasi : Komplek DagoVillas, Jl. Dago Permai No.1, Cibatu, Cikarang Sel., Bekasi, Jawa Barat 17530

Sekolah Pelita Harapan merupakan sekolah yang dibangun oleh grup Lippo. Sekolah ini dikenal juga karena ada universitasnya, yakni Universitas Pelita Harapan. SMA ini juga memiliki murid sekitar 380-an, dengan banyak yang dari Korea, dengan kurikulum internasional bernama International Baccalaureate. Kurikulumnya berasal dari Swiss dan juga ujian pun disesuaikan dengan kurikulum internasional

Biayanya pun tidak murah. Biayanya per tahun adalah sekitar 9000 USD atau sekitar Rp 80.460.000,-(2014). Dengan biaya sebesar itu, fasilitas pun lengkap, mulai dari Perpustakaan, berbagai macam laboratorium mulai dari laboratorium komputer hingga laboratorium IPA, dan juga lapangan sepakbola. Muridnya pun tidak lulus dengan ujian nasional, melainkan ujian dari International Baccalaureate.

SMA Ciputra Surabaya

sekolah internasional

Sumber : Sekolahciputra.sch.id

Lokasi : Jl. Puri Widya Kencana, Lidah Kulon, Lakarsantri, Kota SBY, Jawa Timur 60213

SMA Ciputra Surabaya merupakan sekolah yang terletak di Jawa Timur dan dimiliki oleh Grup Ciputra. Sekolah ini juga mempunyai kurikulum yang sama dengan Sekolah Pelita Harapan, yakni International Baccalaureate yang dari Swiss. Karena tuntutan bahasa Inggris yang harus baik, siswanya pun dituntut mempunyai nilai TOEFL hingga 550, yang merupakan angka standar yang cukup tinggi.

Biaya masuk ke sekolah ini adalah sekitar Rp 40.000.000,- dengan fasilitas yang termasuk paling lengkap di Surabaya. Uang per bulan pun mencapai Rp 4.000.000,- dan belum termasuk bayar buku, dan lain-lain. Siswanya pun dididik dengan program cukup menarik, yakni magang di suatu perusahaan selama seminggu di kelas 1 SMA.

Gandhi Memorial International School Jakarta

sekolah internasional

sumber : Indoindians.com

Lokasi : Jalan HBR Motik Blok D6 No.Kav 1, RW.10, Pademangan Timur, Pademangan, RW.10, Kota Tua, Pademangan Tim., Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10630

Gandhi Memorial International School merupakan sekolah yang letaknya berada di sekitar Kemayoran dan salah satu sekolah unggulan yang ada di Kemayoran. GMIS juga mempunyai kurikulum yang sama dengan sekolah-sekolah diatas, yakni International Baccalaureate dan juga mempunyai program-program tertentu untuk menunjang para siswa.

Biaya sekolahnya adalah sekitar 3400-4000 USD per semester di SMA. Dan jika dikalkulasikan ke nilai rupiah saat ini, yakni Rp 14.900,-, dan jika ditotal adalah sekitar Rp 50.660.000,- sampai Rp 59.600.000,- per semesternya. Dengan total tersebut, fasilitasnya pun lengkap, mulai dari ruangan musik, ruangan seminar, hingga lapangan.

IPEKA Integrated Christian School

sekolah internasional

Sumber : Riabuchari.com

Lokasi : Komplek Taman Meruya Ilir, Jalan Batu Mulia Blok K, RT.11/RW.7, Meruya Utara, Kembangan, RT.11/RW.7, Meruya Utara, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11620

IPEKA Integrated Christian School atau singkatannya yakni IICS merupakan sekolah swasta yang berada di Meruya dan merupakan sekolah yang berdiri dibawah yayasan IPEKA dan salah satu yayasan kristen swasta terbesar di Indonesia. Sekolah ini juga terkenal akan sekolahnya yang rata-rata gurunya merupakan guru-guru dari luar negeri. IICS juga dikenal dengan kurikulumnya yang digabung, antara kurikulum dari Amerika Serikat juga dari Australia.

Dari beberapa sumber, bisa dikatakan uang pangkal untuk masuk ke IICS adalah sekitar Rp 45.000.000,- dengan uang per bulanannya mencapai Rp 4.500.000,-. Dengan uang yang tersebut, bisa dikatakan IICS pun tidak murah. Namun, fasilitasnya lengkap, mulai dari Laboratorium hingga ruang kelas yang sangat memadai, ditambah lagi akreditasinya pun dari WASC(Western Association of Schools and Campuses) dan juga ACSI(Association of Christian School International). Ditambah lagi, IICS juga sering mengadakan study visit ke universitas-universitas maupun lembaga tertentu.

SMA Dwiwarna Bogor

sekolah internasional

Sumber : SMAdwiwarna.sch.id

Lokasi : Jalan Raya Parung KM 40, Pemagarsari, Parung, Pemagarsari, Parung, Bogor, Jawa Barat 16330

SMA swasta ini dikenal dengan sistemnya yakni boarding school atau sekolah asrama. SMA Dwiwarna juga menggunakan kurikulum Cambridge, dan ditambah lagi sekolahnya dikenal jauh dari kebisingan jalan raya, dan dikenal juga tempat yang nyaman dan aman. SMA Dwiwarna juga dikenal sebagai sekolah yang islami sehingga sekolah ini sangatlah baik untuk para orangtua yang ingin anak-anaknya bertumbuh sebagai seorang muslim yang baik.

Biaya masuknya adalah sekitar Rp 44.000.000,- dan uang bulanannya adalah sekitar Rp 5.000.000,-(2014). Di sekolah ini juga penuh dengan fasilitas yang menunjang hobi-hobi para siswa, mulai dari skateboarding hingga fotografi, dan alat musik yang cukup lengkap.

Nah, Rekan Bijak, inilah 5 sekolah internasional yang dapat dijadikan acuan untuk biaya masuk ke sekolah internasional yang ada! Bagaimana dengan kamu, Rekan Bijak? Apakah anak anda ingin dimasukkan ke salah satu sekolah internasional yang diatas? Atau mungkin sekolah lainnya? Artikel ini dapat menjadi acuan biaya sekolah internasional, Rekan!

Sekolah internasional

1 Comment

Write a comment
  1. deni oktaviano
    December 15, 04:03 deni oktaviano

    makasih admin artikelnya sangat membantu

    Reply this comment

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: