7 Tempat Terbaik untuk Mencoba Wisata Hutan Kalimantan

Hutan Kalimantan sudah terkenal tidak hanya di dalam negara, namun juga hingga luar negeri. Pasalnya, hutan di Kalimantan sangatlah penting dalam ekosistem dunia. Selain itu, hutan Kalimantan juga terkenal dengan keindahannya dan keunikannya, apalagi flora dan fauna yang ada di dalamnya.

7 Tempat Terbaik untuk Mencoba Wisata Hutan Kalimantan

7 Tempat Terbaik untuk Mencoba Wisata Hutan Kalimantan

Hutan Kalimantan adalah salah satu hutan paling terkenal yang ada di dunia. Pasalnya, hutan ini dikenal selain mempunyai berbagai macam flora dan fauna, juga hutan Kalimantan dikenal sebagai paru-paru dunia, karena Kalimantan merupakan salah satu pulau dengan hutan terbesar di dunia, selain Amazon di Brazil. Hutan-hutan ini sedang mengalami deforestasi yang diakibatkan dari manusia, dan oleh karena itu penting untuk merawat hutan Kalimantan. Salah satu cara untuk merawat hutan yang ada adalah dengan mengunjunginya dan menikmati hutan agar sadar betapa pentingnya hutan tersebut.

Hutan Kalimantan tentunya memiliki banyak pesona sebagai “konsekuensi” dari menjadi salah satu hutan terbesar dan terluas di dunia. Sangat disayangkan jika berkunjung ke Kalimantan, namun tidak pernah memperhatikan wilayah hutan Kalimantan, karena wilayah hutan Kalimantan merupakan salah satu wilayah paling luas di dunia sekaligus mempunyai banyak keindahan dan pesona. Lalu, dimana sajakah tempat terbaik untuk kamu menikmati hutan Kalimantan?

Hutan Pinus Mentaos

hutan kalimantan

Sumber : Wisata.maringenet.com

Alamat : Jalan Suriansyah Ujung, Kelurahan Mentaos Kecamatan Banjarbaru Utara, Loktabat Utara, Banjar Baru Utara, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan 70711

Hutan ini juga dikenal berada di tengah kota. Hutan Mentaos adalah hutan pinus yang menjadi salah satu destinasi wajib untuk kamu yang ingin membuat feed Instagram kamu lebih baik dan indah. Hutan Mentaos pada awalnya adalah sebagai salah satu paru-paru dunia dan dijaga hutannya, namun karena hutannya cantik, kini juga dijadikan tempat wisata dan menjadi tempat untuk berfoto ria.

Tempatnya juga dikenal cozy dan sangat menyamankan para pengunjung, ditambah lagi juga atmosfer yang ada di hutan tersebut dikenal cukup menyenangkan dan menyejukkan. Yang tidak kalah menarik adalah, kamu bisa membuat hammock di hutan tersebut. Disana juga ada jogging track yang ditemani dengan 119 macam tumbuhan.

Rumah Pohon Cempaka

hutan kalimantan

Sumber : Banjarmasin.tribunnews.com

Alamat : Desa Beruntung Jaya, Kelurahan Sungai Tiung, Kecamatan Cempaka, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan

Rumah Pohon Cempaka merupakan salah satu destinasi wisata alam di tengah pepohonan, namun sulit untuk mencari destinasi ke tempat ini, yang dikarenakan minimnya informasi tentang tempat ini. Namun, sekalinya menemukan tempat ini, mungkin kamu akan jatuh cinta tentang tempat ini. Tempat ini dikenal menyediakan fasilitas outbond dan menjadi salah satu destinasi wisata andalan Desa Beruntung Jaya.

Selain konsepnya yang outbond, juga ditambah dengan konsep-konsep lainnya yang membuat tempat ini sangat cocok untuk kamu yang senang berfoto-foto. Tempatnya juga dikenal asyik dan asri, walaupun sulit ditemukan.

Taman Hutan Rakyat Sultan Adam

hutan kalimantan

Sumber : maulanasemida.blogspot.com

Alamat : Cempaka, Mandi Angin Barat, Karang Intan, Cempaka, Banjar, Kalimantan Selatan 70661

Taman Hutan Rakyat Sultan Adam atau Tahura Sultan Adam adalah sebuah wilayah hutan seluas 112.000 hektar ditambah dengan banyak pepohonan dengan lokasi jalan seperti jalanan di perbukitan. Ada banyak bukit-bukit di sekitarnya, salah satunya adalah Bukit Pamaton. Tahura Sultan Adam juga dikenal memiliki banyak macam flora seperti kahingai, angsana, damar, mahoni hingga meranti.

Ada juga berbagai macam fauna yang dapat ditemukan, mulai dari bekantan, owa-owa, elang, beruang madu hingga kijang mas. Dan tidak lupa, disana juga ada penangkaran rusa. Karena memang merupakan daerah hutan, tempat ini tentunya asri dan oksigennya masih murni untuk dihirup. Di tempat ini juga ditemukan banyak macam fasilitas, seperti musala, outbond hingga warung-warung.

Canopy Bridge Bukit Bangkirai

hutan kalimantan

Sumber : Getborneo.com

Alamat : Karya Merdeka, Semboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur 75271

Jika kamu ingin pergi ke sebuah hutan hujan tropis, Bukit Bangkirai adalah wilayah hutan yang tepat untuk dipilih di Kalimantan. Kenikmatan dari hutan ini tidak hanya terbatas pada kondisi hutannya yang masih asri dan asli, namun juga merdunya burung-burung dan melihat-lihat satwa lainnya. Disini juga tercatat masih ada pohon yang ikonik dan sudah bertahan selama 150 tahun.

Namun yang benar-benar menarik adalah adanya sebuah jembatan di tempat ini yang dinamai Jembatan Tajuk dan berupa canopy bridge. Jembatan ini menghubungkan dari satu pohon ke pohon lainnya, dan ingat, pohon di tempat ini tinggi-tinggi sehingga sangat seru untuk dijelajahi.

Pulau Kembang

hutan kalimantan

Sumber : Indonesiakaya.com

Alamat : Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Pulau Kembang merupakan salah satu pulau yang terbentuk di tengah Sungai Barito, dan luasnya adalah sekitar 50 hektar. Keindahan dari pulau ini selain menjadi sebuah delta di tengah Sungai Barito, juga menjadi tempat yang penuh dengan bekantan dan kera, sehingga jika kamu mengunjungi tempat ini, kamu tidak akan bertemu dengan warga manusia yang tinggal disana, melainkan para kera.

Kera-kera disini pun juga dikeramatkan oleh warga Tionghoa yang ada di sekitar sungai tersebut, dan juga ada patung hanoman di tengah hutan.

Hutan Wehea

hutan kalimantan

Sumber : Kaltim.tribunnews.com

Alamat : Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur

Hutan Wehea merupakan salah satu hutan lindung yang terletak di Indonesia dan dilindungi oleh Dayak Wahea. Hutan ini biasanya untuk berwisata hingga melakukan treking. Juga hutan ini dikenal dengan banyaknya macam flora dan fauna yang ada, sehingga menarik dari turis lokal hingga turis mancanegara, untuk sekedar berjalan-jalan menikmati hutan lindung ini.

Di hutan ini juga ada air terjun tersendiri, dan bahkan ada fauna yang tidak ditemukan di seluruh bagian dunia mana pun dan hanya ditemukan di hutan ini. Di hutan ini, juga diperlukan kehati-hatian dalam berjalan. Pasalnya, hutan ini bukanlah hutan normal untuk manusia-manusia yang hanya ingin berkeliling-keliling, namun butuh yang sudah berpengalaman, karena ada ular kobra dan fauna lainnya yang mempunyai potensi membahayakan nyawa manusia.

Hutan Mangrove Margomulyo

hutan kalimantan

Sumber : Benyaminlakitan.com

Alamat : Jalan AMD Gunung Empat RT 42, Margomulyo, Balikpapan, Margo Mulyo, Balikpapan Bar., Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76131

Hutan Mangrove Margomulyo merupakan hutan yang terletak di Balikpapan dan letaknya hanya 9 kilometer dari pusat kota, sehingga merupakan wilayah hutan yang tergolong dekat dengan pusat kota. Biasanya, untuk ke tempat ini harus memakai taksi atau kendaraan pribadi, karena belum ada kendaraan umum yang pergi ke tempat ini. Pengunjung disini dapat berkeliling melewati jembatan yang dari kayu ulin.

Ada juga tempat berteduh seperti gazebo dan menara pandang. Ada juga pohon-pohon bakau yang lengkap dengan nama penanamnya. Kalau perlu, ketika bepergian ke tempat ini, bawalah bekal dan tidak membuang sampah sembarangan, agar bisa menikmati gazebo dengan baik di tengah hutan. Terkadang juga ada hewan bekantan dan berbagai macam kepiting!

Seperti itulah gambaran hutan-hutan Kalimantan, dan bagi kamu yang sedang berkunjung ke Kalimantan, atau kamu yang mencintai pemandangan alam terutama dalam hutan, hutan Kalimantan bisa menjadi pilihan utama kamu untuk kamu kunjungi, Rekan Bijak!

hutan kalimantan

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: