Mengenal Wisata Kuliner Khas dari Kota Ipoh Malaysia

Jalan-jalan ke suatu tempat biasanya kita ke tempat yang unik, yang hanya ada di tempat itu, dan menjadi ciri khas tempat itu. Ketika jalan-jalan, melakukan wisata kuliner merupakan hal wajib, karena, kita dapat merasakan masakan-masakan yang khas dan berbeda dari tempat yang lain.

Mengenal Wisata Kuliner Khas dari Kota Ipoh Malaysia

Mengenal Wisata Kuliner Khas dari Kota Ipoh Malaysia

Kota Ipoh Malaysia merupakan sebuah kota yang unik, karena, kota ini memadukan pesona kuno yang merupakan peninggalan dari kolonial Inggris dan fasilitas modern. Kota Ipoh merupakan ibu kota negara di bagian Perak, Malaysia. Kota Ipoh merupakan kota terbesar keempat di Malaysia, yang terletak diantara Kuala Lumpur dan Penang, sehingga kota ini menjadi tempat transit dan sebagai tempat untuk alternatif berwisata ketika datang ke negara Malaysia. Dari berbagai macam tempat wisata yang menarik perhatian wisatawan, wisata kuliner di kota Ipoh merupakan hal yang tidak boleh di lewatkan jika Rekan Bijak datang ke kota Ipoh.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata yang Menarik di Johor Bahru Malaysia

Tidak bisa dipungkiri, jika sedang berlibur ke suatu tempat, lalu tidak berwisata kuliner untuk mencicipi makanan khas. maka, akan merasa ada hal yang kurang. Oleh karena itu, berwisata kuliner merupakan hal yang wajib dilakukan Rekan Bijak jika sedang berkunjung ke suatu tempat. Lalu, wisata kuliner khas apa saja ya yang ada di kota Ipoh malaysia?

Rumah Tumpangan dan Kedai Kopi Yong Suang

Ipoh Malaysia

Sumber : ipohpic.twitter.com

Wisata kuliner ini di kenal dengan Nasi Ganja, karena, setiap orang yang pernah merasakan masakan yang ada di restoran ini akan ketagihan dan ingin balik lagi untuk makan di restoran ini. Restoran ini sudah mulai berdiri pada tahun 1957, dan restoran ini terus di kelola oleh turun-temurun. Restoran ini memiliki jam operasional pukul 09.30 – 18.00 MST. Supaya Rekan Bijak tidak menunggu lama, alangkah lebih baik, jika Rekan Bijak tidak datang ketika jam istirahat. Restoran ini memiliki makanan khas yaitu ayam merah yang kaya akan rempah, dan nasi putih yang memiliki rasa lebih gurih, karena, di masak dengan periuk tembaga.

Harga satu porsi yaitu RM 4.80, yang terdiri dari nasi putih, ayam merah, dan sayuran. Selain ayam, di restoran ini juga terdapat lauk berupa cumi yang dapat Rekan Bijak nikmati. Makanan ini hanya berada di alamat 2, Jalan Yang Kalsom, Taman Jubilee, 30300 Ipoh, Negeri Perak, Malaysia. Perdana menteri Malaysia juga sering memakan masakan di tempat makan ini. Uniknya, walaupun bahan baku naik, tempat ini memiliki harga yang sama dari tahun 2013, dengan tujuan, agar semua orang dari berbagai kalangan bisa menikmati makanan yang dijual di tempat ini.

Baca Juga: Yuk, Intip Tata Cara Makan dari Berbagai Negara di Dunia

Funny Mountain

Ipoh Malaysia

Sumber : chowhound.com

Rekan Bijak suka dengan makanan kembang tahu? Yap, Rekan Bijak bisa datang ke Funny Mountain yang berada di  50, jalan mustapa al-bakri Taman Jubilee, 30300, Ipoh Malaysia. Funny Mountain memiliki jam operasional pukul 10.00 – 19.30 MST, dan tutup setiap hari Selasa. Funny Mountain sudah berdiri pada tahun 1952.

Funny Mountain menyediakan makanan seperti kembang tahu, dan susu kacang yang sangat khas. Rekan Bijak akan merasakan tahu yang memiliki tekstur ketika memakannya, dengan kuah yang memiliki rasa jahe yang sedikit manis, serta susu kacang yang tidak memiliki rasa tetapi tetap enak. Harga dari semangkuk soya bean yang original di Funny Mountain yaitu RM 3, dan harga untuk membeli susu kacang dengan ukuran kecil yaitu RM 2.50.

Baca Juga: 15 Makanan ini Dipercaya Membawa Keberuntungan di Berbagai Negara

Restoran Tauge Ayam Lou Wong

Ipoh Malaysia

Sumber : foodandholiday.com

Seperti namanya, tempat makan ini memiliki makanan yang menjadi ciri khas yaitu tauge dan ayam. Rekan Bijak dapat datang ke restoran yang beralamat di  49. Jalan You Tet Shin, Taman Jubile, 30000, Ipoh Malaysia. Restoran Tauge Ayam Lou Wong buka pada pukul 10.00-22.00 MST. Harga untuk sepiring nasi hainan yaitu RM 2, harga untuk satu porsi tauge yaitu RM 3, dan harga untuk setengah porsi (bisa untuk tiga orang) yaitu RM 33.

Di restoran Tauge Ayam Lou Wong, memiliki sambal yang khas yaitu cabai rawit yang sudah di haluskan, lalu di campur dengan bawang dan sedikit cuka, yang membuat sambal menjadi segar ketika sudah masuk ke mulut Rekan Bijak.

Baca Juga: Ternyata Ini Dia 5 Restoran Paling Aneh yang Ada di Dunia!

Big Mom Beancurd

Ipoh Malaysia

Sumber : tripadvisor.com

Tempat makan yang menjual soya bean yang serupa dengan tempat makan Funny Mountain adalah Big Mom Beancurd. Namun, yang membedakan tempat makan Funny Mountain dan Big Mom Beancurd adalah menu di Big Mom Beancurd terdiri dari drinks, hot beancurd serta additional toppings. Selain menu yang lebih beragam, di tempat makan Big Mom Beancurd menu special setiap harinya dan memiliki tekstur tahu yang lembut, dimana Rekan Bijak tidak perlu mengunyah tahu tersebut, karena, ketika tahu masuk ke dalam mulut Rekan Bijak akan hancur hanya dengan di emut saja.

Rekan Bijak dapat datang ke tempat ini pada pukul 12.00–18.00 MST, dengan alamat yang berada di  22-24 Yang Kalsom Taman Jubilee, 30250, Ipoh Malaysia. Rekan Bijak jangan datang ke tempat ini pada hari Kamis, karena, pada setiap hari Kamis tempat ini tutup. Dan tempat makan Big Mom Beancurd ini merupakan tempat yang baru berdiri selama 8 tahun.

Baca Juga: Ketahui 10 Perusahaan Pengendali Restoran Terbesar di Dunia

Restoran Xin Quan Fang

Ipoh Malaysia

Sumber : vkeong.com

Restoran Xin Quan Fang merupakan tempat makan yang terkenal dengan The Best Curry di Ipoh, menurut orang-orang lokal dan wisatawan mancanegara. Akan tetapi, tempat makan ini tidak halal. Rekan Bijak dapat wisata kuliner ke tempat ini yang beralamat di 174, Jalan Sultan Iskandar, Taman Jubilee 30000 Ipoh Malaysia. Restoran Xin Quan Fang buka pada pukul 07.30 – 13.00 MST. Menu yang berada di Restoran Xin Quan Fang yaitu semangkuk curry dengan ukuran kecil memiliki harga RM 5.50, Extra Noodles memiliki harga RM 6.50, Extra Meat dengan harga 7.00, dan untuk Extra Noodles & Meat memiliki harga sebesar RM 8.00.

Rekan Bijak menyukai pedas? Makan curry di Restoran Xin Quan Fang adalah tempat makan yang tepat untuk di kunjungi. Jika tidak ingin kehabisan dan merasakan curry di tempat makan ini, sebaiknya, Rekan Bijak datang ke tempat makan ini sebelum jam 13.00 MST. Cara memesan di tempat ini yaitu pertama Rekan Bijak carilah tempat, kemudian tunggu pelayan datang untuk menanyakan pesanan yang ingin Rekan Bijak pesan (makanan dan minuman di pesan secara terpisah), lalu tunggu sekitar 15-45 menit, dan barulah pesanan Rekan Bijak datang. Tidak disarankan jika Rekan Bijak tidak memiliki waktu yang banyak ketika sedang berkunjung ke Ipoh Malaysia.

Baca Juga: 6 Tips dan Trik Mengeluarkan Biaya yang Minim Saat Wisata Kuliner!

Nah, Rekan Bijak, jangan lupa berwisata kuliner dan juga datang ke tempat-tempat yang sudah di jabarkan di atas ketika datang ke kota Ipoh Malaysia ya!

Ipoh Malaysia

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: