Yuk, Cari Tahu 7 Kegiatan Saat Ramadhan yang Hanya Ada di Indonesia!

Di dunia ada berbagai agama yang ada, yang dianut oleh berbagai orang. Salah satu agama yang memiliki mayoritas terbanyak di Indonesia yaitu agama Islam. Di dalam agama Islam, seorang manusia diharuskan untuk berpuasa saat bulan ramadhan tiba. Biasanya seorang muslim wajib berupasa sebulan lamanya.

Yuk, Cari Tahu 7 Kegiatan Saat Ramadhan yang Hanya Ada di Indonesia!

Yuk, Cari Tahu 7 Kegiatan Saat Ramadhan yang Hanya Ada di Indonesia!

Setiap negara memiliki kegiatan unik saat ramadhan, dan hal tersebut juga berlaku di negara Indonesia. Bagi beberapa muslim, bulan ramadhan merupakan bulan yang paling ditunggu-tunggu, karena, pada bulan tersebut merupakan saat yang paling tepat untuk bertemu, bersilahturahmi dengan kerabat yang di kenal.

Baca juga : 6 Kegiatan Ini Bisa Membuat Waktu Menunggu Buka Puasa Lebih Menyenangkan!

Selain itu, ada beberapa kegiataan saat ramadhan yang membuat seorang muslim rindu dengan bulan ini, terutama muslim yang merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) atau muslim yang sudah lama tinggal di Indonesia. Lalu, apa saja kegiatan saat ramadhan yang hanya ada di Indonesia ya?

Sahur on The Road

RamadhanSumber : abiummi.com

Kegiatan pertama yang hanya ada di Indonesia saat bulan puasa tiba yaitu sahur on the road atau SOTR. Kegiatan ini bisa diartikan sebagai sahur di jalan. Maksudnya, Rekan Bijak melakukan sahur (makan di pagi dini hari) bersama beberapa kerabat, dengan membagikan makanan kepada orang-orang yang membutuhkan. Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada orang-orang yang tidak mampu, untuk bisa menikmati makanan yang layak, dan biasa di makan oleh beberapa orang yang bisa dibilang mampu.

Biasanya saat SOTR, orang-orang berkeliling dari satu tempat ke tempat lainnya untuk membagikan makanan, kemudian saat waktu imsak akan tiba, barulah orang-orang yang membagikan makanan tersebut berhenti sejenak untuk sahur di suatu jalanan yang sepi. Bagi beberapa orang, kegiatan SOTR merupakan kegiatan positif dan mulia, karena, bisa membantu orang lain yang membutuhkan bantuan. Namun, ada beberapa orang yang menyalahgunakan kegiatan ini, sehingga membuat dampak yang negatif. Jika, Rekan Bijak ingin melakukan kegiatan SOTR ini, sebaiknya, Rekan Bijak tetap ingat tujuan awal yaitu untuk membantu orang lain yang membutuhkan bantuan dari Rekan Bijak.

Obrog-obrog

RamadhanSumber : medcom.id

Selanjutnya, kegiatan yang hanya ada di Indonesia yaitu obrog-obrog atau berkeliling untuk membangunkan orang lain yang ingin berpuasa. Biasanya kegiatan ini dilakukan oleh beberapa orang yang berkeliling desa, komplek, rumah dengan membunyikan gendang, atau bedug, kemudian ditambahkan terikan “sahur… sahurr…”.

Tujuan dari kegiatan ini yaitu membantu membangunkan muslim lain yang ingin berpuasa agar tidak lupa untuk sahur. Seiring berjalannya waktu, kegiatan ini mulai punah, terutama di daerah perkotaan. Jika, Rekan Bijak ingin melihat kegiatan ini pada zaman sekarang, Rekan Bijak bisa melihat di desa-desa yang ada di Indonesia, karena, hanya di desa-desa yang masih menerapkan kegiatan ini, sedangkan, di daerah perkotaan kegiatan obrog-obrog ini sudah sangat jarang dilakukan. Biasanya di daerah perkotaan, orang yang membangunkan orang lain saat sahur, hanya mengandalkan speaker dari Masjid saja.

Ngabuburit

RamadhanSumber : kabartravel.com

Kegiatan yang hanya ada di Indonesia yang selanjutnya yaitu ngabuburit. Kata ngabuburit ini berasal dari bahasa sunda, “burit” yang memeliki arti sore menjelang malam, kata “nga” yang memiliki arti menunggu. Kemudian, jika digabungkan ngabuburit bisa diartikan sebagai menunggu sore menjelang malam. Biasanya ngabuburit dilakukan oleh masyarakat Indonesia mulai pukul 16.00 hingga adzan magrib tiba. Saat ngabuburit, biasanya orang-orang akan berburu makanan untuk berbuka puasa atau yang biasa disebut dengan takjil. Selain, berburu makanan, biasanya orang-orang akan berkeliling ke sekitar rumah mereka untuk menyapa tetangga, atau sekedar jalan-jalan sore.

Baca Juga : 5 Aplikasi Keren Ini Bikin Puasa Lebih Berkualitas

Bagi-bagi Takjil

RamadhanSumber : rri.co.id

Kegiatan yang selanjutnya yaitu bagi-bagi takjil gratis. Takjil sebenarnya memiliki arti menyegerakan untuk berbuka puasa. Tetapi, masyarakat Indonesia lebih mengenal takjil sebagai makanan ringan untuk berbuka puasa, makanan ringan yang dimaksud seperti air mineral, kurma, dan lain sebagainya. Biasanya orang-orang yang membagikan takjil merupakan orang dari suatu perusahaan atau organisasi, hingga orang yang memang bertujuan mulia untuk mempermudah orang-orang saat berbuka puasa. Tempat orang-orang membagikan takjil secara gratis biasanya di tempat umum, seperti stasiun kereta, halte bis, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Melihat Tradisi Berbuka Puasa di 5 Negara Ini!

Buka Puasa Bersama

RamadhanSumber : Kompasiana.com

Selanjutnya, kegiatannya yaitu buka puasa bersama atau yang biasa dikenal dengan bukber. Kegiatan bukber ini, biasanya dilakukan bersama orang-orang yang dikenal, seperti teman, sahabat, dan kerabat. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang digunakan untuk menjalin silahturahmi, karena, biasanya Rekan Bijak sulit bertemu teman atau kerabat, dengan alasan sibuknya bekerja atau rumah yang jauh. Untuk, menjalin silahturahmi, maka, orang-orang Indonesia mengadakan bukber. Salah satu bukber yang biasa dilakukan yaitu bukber dengan teman SD, bukber dengan teman SMP, bukber dengan teman SMA, dan masih banyak lagi. Biasanya kegiatan bukber diadakan pada suatu tempat, seperti restoran.

Baca Juga : Ingin Tetap Hemat Saat Datang Acara Bukber? Yuk, Simak 5 Tips Ini!

Mudik

RamadhanSumber : bringinlife.co.id

Kegiatan yang sangat berbeda dan unik yang hanya ada di Indonesia yaitu mudik. Mudik adalah kegiatan yang dilakukan oleh orang perantau atau pekerja migran untuk kembali ke tempat asal mereka yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan, seperti pekerja di Bandung kembali ke tempat asal yang ada di Aceh saat lebaran. Biasanya, seseorang mudik seminggu sebelum lebaran tiba. Saat melakukan kegiatan mudik, Rekan Bijak harus mempersiapkan transportasi yang tepat, seperti kereta api, kapal, dan mobil. Untuk itu, seseorang akan berburu tiket mudik dari jauh-jauh hari agar tidak kehabisan tiket atau tidak mengeluarkan uang dengan jumlah yang lebih banyak.

Baca Juga : 4 Cara Mempersiapkan Biaya Mudik dengan Anggaran yang Cermat

Takbiran Keliling

RamadhanSumber : pacitankab.go.id

Kegiatan terakhir yang hanya ada di Indonesia yaitu takbiran keliling. Kegiatan takbiran keliling, biasanya dilakukan saat malam sebelum hari raya Idul Fitri tiba. Biasanya, orang-orang akan membawa obor, kemudian berkeliling desa, berkeliling kota untuk memuliakan nama Allah SWT.

Baca Juga : Cerita Tradisi Idul Fitri di 6 Negara Ini

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu kan apa saja kegiatan yang hanya ada di Indonesia saat ramadhan tiba? Jika sudah, semoga artikel diatas dapat bermanfaat ya!:)

Ramadhan

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: