Yuk, Coba 5 Cara Ini untuk Mengembangkan Karir Jadi Lebih Cemerlang!

Banyak yang berpikir ketika ia tidak berkembang dalam sebuah karir, berarti ia tidak cocok dengan karir tersebut dan harus meninggalkannya kemudian mencari pekerjaan baru. Dengan harapan dapat lebih mengeksplore diri dan berkembang.

Yuk, Coba 5 Cara Ini untuk Mengembangkan Karir Jadi Lebih Cemerlang!

Yuk, Coba 5 Cara Ini untuk Mengembangkan Karir Jadi Lebih Cemerlang!

Setiap orang pasti menginginkan sebuah karir yang cemerlang. Namun banyak orang yang sudah memiliki karir namun merasa tidak dapat mengembangkan hal tersebut. Rekan masih belum terpikir bagaimana cara mengembangkan karir tersebut, hal itu bisa dikarenakan rekan belum menyusun rencana target pekerjaan.

Untuk mengembangkannya diperlukan usaha keras dalam pencapaiannya. Jika rekan serius untuk membangun karir yang bagus, maka rekan harus benar-benar mencapainya dengan usaha dan kerja keras yang sepadan. Berikut beberapa cara yang bisa rekan coba untuk mengembangkan karir :

Memiliki Rencana

Karirsumber : id.techinasia.com

Saat akan memulai sesuatu tentu rekan perlu rencana, buatlah rencana yang detail dan mudah dipahami. Jika rekan gagal dalam merencanakan berarti rekan berencana untuk gagal. Anthony Robbins seorang motivator mengatakan bahwa “Jika anda tidak memilki rencana sendiri, maka orang lain akan membuat anda masuk kedalam rencana mereka”.

Dalam berkarir penting memiliki rencana, mulai dari apa yang bisa rekan kerjakan, apa yang rekan harapkan dari sebuah pekerjaan, akan jadi apa rekan dalam 5 tahun kedepan dalam pekerjaan tersebut, dll. Saat rekan memiliki rencana maka rekan akan selalu berjalan mengikuti rencana tersebut untuk mencapai tujuan dari pekerjaan yang rekan inginkan.

Baca Juga : 5 Cara Praktis untuk Mengelola Perencanaan Keuangan Usaha

Memiliki Komitmen

Karirsumber : Maxmanroe.com

Setelah memilki rencana, hal yang harus miliki adalah komitmen. Komitmen dengan tujuan dari perjalanan karir yang akan ditempuh, agar sesuai rencana dan tetap berjalan pada jalurnya.

Mengapa komitmen penting? karena rekan perlu membuat diri rekan yakin dan bertekad untuk berkomitmen melakukan berbagai usaha dalam mengembangkan karir. Komitmen juga membuat rekan lebih konsisten.

Baca Juga : 7 Tanda Sudah Bahagia dengan Karir yang Dimiliki Sekarang

Perbanyak Wawasan

Karirsumber : dictio.id

Seseorang yang memilki wawasan luas pasti akan mudah memahami sesuatu terkait pekerjaan. Orang percaya bahwa seseorang yang cerdas dan berwawasan luas, akan sangat membantu pekerjaan-pekerjaan yang ada. Seseorang yang cerdas dalam perusahaan ibarat GPS bagi mereka, yang akan menjadi informan kemana perusahaan harus bergerak.

Misalnya saja, rekan akan bekerja dibidang finance maka usahakan rekan selalu mengikuti perkembangan berita seputar keuangan. Rekan bisa membuka beberapa portal berita sebelum mulai bekerja untuk menambah wawasan lebih banyak.

Baca Juga : 8 Alasan Perlunya Melanjutkan Studi S2 dan Keuntungannya

Perluas Jaringan

Karirsumber : jitunews.com

Dengan mengenal lebih banyak orang rekan akan memiliki jaringan yang luas, orang cenderung akan lebih percaya pada perkataan orang-orang yang ia kenal dibanding dengan orang asing. Keuntungan memiliki relasi yang luas adalah kemudahan dalam berbagai hal.

Misalnya saat rekan berkarir sebagai wartawan memilki relasi yang luas adalah hal yang diperlukan. Karena saat akan mencari berita rekan bisa meminta tolong relasi rekan yang memilki pekerjaan terkait isu yang akan diberitakan untuk menjadi narasumber atau mencarikan narasumber. Relasi akan menjadi sangat berguna dalam mengembangkan karir jika digunakan sebaik mungkin.

Baca Juga : 5 Alasan Penting Memiliki Akun LinkedIn untuk Karir yang Cemerlang

Lebih Peka Terhadap Sekitar

karirsumber : jitunews.com

Sebagai mahluk sosial manusia tidak bisa hidup sendiri, jadi saat ada yang membutuhkan bantuan tidak ada salahnya menolong. Walaupun hal tersebut bukan tanggung jawab rekan, namun menolong orang lain dalam hal pekerjaan menjadi hal baik saat mengembangkan karir, karena saat rekan lebih peka terhadap lingkungan rekan akan mudah membaca situasi.

Tapi jika ingin menolong orang lain tidak melewati batas karena akan dianggap terlalu ikut campur. Biasakan untuk bertanya terlebih dahulu sebelum melakukannya.

Baca Juga : 5 Tips Jitu agar Resolusi Karir Tercapai di Tahun Baru

Nah, itu adalah beberapa cara yang dapat rekan lakukan untuk mengembangkan karir. Terus berusaha dan pantang menyerah juga menjadi salah satu kuncinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat ya rekan bijak!

Karir

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: