Yuk, Gunakan Fitur Pay Later Lebih Bijak dengan Coba Tips Ini!

Demi memudahkan transaksi konsumen, berbagai fitur pembayaran dihadirkan oleh perushaan penyedia jasa dan layanan. Hadirnya digital, menjadikan fitur pembayaran makin beragam. Transaksi tunai pun kini mulai digeser dengan non tunai (cashless).

Yuk, Gunakan Fitur Pay Later Lebih Bijak dengan Coba Tips Ini!

Yuk, Gunakan Fitur Pay Later Lebih Bijak dengan Coba Tips Ini!

Melalui teknologi digital pula, baik konsumen maupun pemberi jasa dan layanan tidak perlu bertatap muka dalam bertransaksi. Salah satunya fitur Pay Later yang didukung perkembangan teknologi digital, yang bisa memanjakan konsumen dalam bertransaksi. Sesuai dengan namanya, fitur Pay Later ini memberikan konsumen kesempatan untuk memanfaatkan jasa dan layanan sementara mereka membayar di akhir sesuai dengan batas waktu yang diberikan.

Baca Juga: Transaksi? Lebih Baik Tunai, Debit, atau Kredit? Yuk, Cermati Kekurangan dan Kelebihannya!

Dulu, tidak sedikit orang yang takut jika ingin berutang, ketakutannya sangat beragam mulai dari takut tak bisa bayar, takut bunganya terlalu besar, takut bikin boros, dan lain sebagainya. Namun, secara perlahan ketakutan-ketakutan itu mulai hilang. Banyak orang yang kini justru senang ada tawaran utang, karena “kemasan” yang menarik. Salah satunya fitur Pay Later yang sedang digencarkan oleh sejumlah pengelola bisnis digital.

Pay Latersumber : traveloka.com

Perusahaan yang menyediakan fitur ini salah satunya Gojek, seperti yang disampaikan pada laman resmi Gojek, melalui metode pembayaran ini, konsumen dapat memesan layanan kapan pun kemudian membayar tagihan di akhir bulan. Semua pengguna Pay Later mempunyai batas transaksi yang sama, yaitu sebesar Rp500 ribu per bulan. Sedangkan tagihan Pay Later akan jatuh tempo pada tengah malam di hari terakhir tiap bulan. Cara aksesnya mudah karena langsung tersedia di dalam aplikasi.

Terdapat kemudahan dalam membayar cicilan, baik secara otomatis maupun manual. Konsumen yang memilih pembayaran otomatis, hanya perlu melakukan isi ulang (top-up) GoPay sesuai jumlah pemakaian Pay Later dan saldo akan langsung diambil sesuai total tagihan. Sedangkan jika pembayaran manual bisa dilakukan sebelum jatuh tempo.

Baca Juga: 4 Keuntungan Transaksi Menggunakan QR Payment

Tidak jauh berbeda, fasilitas Pay Later dari Traveloka juga memberikan kesempatan bagi konsumen untuk membeli tiket hotel maupun tiket trasnportasi terlebih dahulu. Dalam infromasi yang disampaikan langsung di website resmi Traveloka, konsumen bisa membayar tagihan satu bulan kemudian atau dengan mengangsur selama kurun waktu 2-12 bulan. Batas transaksinya mencapai Rp10 juta dan diproses dalam waktu satu jam.

Pay Latersumber : wisatamalangku.com

Menurut perencana keuangan dari Zelts Consulting Ahmad Gozali menilai fitur Pay Later cocok digunakan bagi karyawan swasta. Khususnya bagi mereka yang mendapat hak mengajukan ganti uang transportasi dan sebagainya. Dengan menggunakan fitur ini karyawan swasta bisa mengalokasikan uang pribadinya untuk keperluan lain. Berikut Tips menggunakan Pay Later dengan bijak :

Baca Syarat dan Ketentuan yang Berlaku

Pay Latersumber : techslize.com

Sebelum menggunakan fitur ini akan lebih bijak jika rekan membaca syarat dan ketentuan yang berlaku, karena setiap perusahaan yang menyediakan fitur ini akan memberikan syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Jangan sampai rekan tidak membacanya atau tidak teliti dengan syarat dan ketentuan yang diberlakukan sehingga justru terjerat tagihan yang menumpuk.

Baca Juga: Mari Mengenal Cashless Society Tren Baru di Masyarakat Indonesia

Sesuaikan dengan Kemampuan Finansial

Pay Latersumber : phinemo.com

Selalu berkaca pada kemampuan diri, terutama kemampuan finansial yang dimiliki. Jangan karena tergiur dengan kemudahan yang ditawarkan rekan menjadi lupa diri dan melakukan transaksi yang nantinya justru tidak dapat dilunasi tagihannya. Pastikan transaksi yang dilakukan memang sesuai kebutuhan dan kemampuan pembayaran.

Baca Juga: Yuk, Kenali 3 Dampak Negatif dan 3 Dampak Positif dari Cashless Society!

Skema fitur ini serupa dengan kartu kredit terutama jika digunakan untuk kepentingan pribadi. Artinya rekan tidak boleh sampai terlena dengan penggunaan Pay Later, meskipun sifatnya memudahkan transaksi. Rekan perlu mempersiapkan perhitungan cermat sebelum memanfaatkan fitur ini, termasuk perhitungan soal bunga cicilan dari Pay Later. Jangan sampai karena tergiur transaksi yang mudah rekan tidak bijak dan tidak mengukur kemampuan diri sehingga tercekik tagihan.

Nah, jadi itulah ulasan mengenai Pay Later dan tips menggunakannya dengan bijak. Semoga bermanfaat ya rekan bijak!

Pay Later

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: