Yuk, Ikuti 5 Cara Bijak dalam Memanfaatkan THR Ini agar Hari Raya Sejahtera

Salah satu momen yang paling ditunggu apalagi oleh karyawan kantor saat ramadhan terutama menjelang lebaran adalah pembagian Tunjangan Hari Raya (THR).

Yuk, Ikuti 5 Cara Bijak dalam Memanfaatkan THR Ini agar Hari Raya Sejahtera

Yuk, Ikuti 5 Cara Bijak dalam Memanfaatkan THR Ini agar Hari Raya Sejahtera

Berdasarkan permenker pasal 10 ayat 1 tahun 2016, pengusaha wajib memberi THR paling lambat 7 hari sebelum hari keagamaan. Pengusaha yang terlambat memberi THR pada pekerja dikenakan denda sebesar 5% dari total THR yang harus dibayar perusahaan dalam waktu yang telah ditentukan.

Meski THR bersifat sebagai bonus yang diterima karyawan, rekan tetap harus memanfaatkan uang tersebut dengan bijak agar tidak mengalami kesulitan keuangan di kemudian hari. Kebutuhan menyambut lebaran yang sangat besar, tanpa perencanaan yang baik berapapun bonus yang diterima akan habis tak tersisa.

Apakah rekan sudah memilki rencana akan mengalokasikan THR tahun ini untuk apa? yuk, cermati 5 cara bijak ini dalam memanfaatkannya :

Prioritaskan untuk Kebutuhan Hari Raya

THRsumber : Tribunnews.com

Seperti namanya yaitu Tunjangan Hari Raya, maka dana dari tunjangan ini harus digunakan untuk menunjang kebutuhan hari raya, bukan untuk foya-foya. Menjelang hari raya harga bahan pokok pasti akan melonjak, maka uang dari tunjangan ini dapat dimanfaatkan untuk membeli bahan-bahan pokok yang akan digunakan sehari-hari.

Rekan juga bisa menggunakannya untuk membeli baju baru untuk lebaran, asal tidak tergiur diskon dan membeli pakaian berlebihan sehingga menjadi boros. Selain berbelanja kebutuhan hari raya, tunjangan ini juga bisa rekan gunakan untuk membayarkan zakat.

Baca Juga : Simak 6 Tips Belanja Hemat Ini agar Lebaran Lebih Menyenangkan!

Melunasi Hutang atau Cicilan yang Belum Dibayarkan

THRsumber : wartakota.tribunnews.com

Jika rekan memilki hutang dan cicilan barang yang belum lunas atau dibayarkan, sebaiknya uang THR ini bisa disisihkan untuk membayar hutang tersebut. Karena punya hutang yang berlarut-larut tidak dibayarkan hanya akan membuat keadaan finansial rekan menjadi berat.

Rekan juga akan jadi sulit menabung saat masih memilki hutang, karena uang yang didapatkan dipakai untuk mebayar hutang terus menerus. Jadi selagi punya uang tambahan, segera alokasikan untuk membayar hutang dan cicilan yang harus dibayarkan.

Baca Juga : 6 Jurus Cukup Jitu Dalam Menyelesaikan Masalah Utang

Sisihkan untuk Ditabung

THRsumber : dbs.com

Saat kebutuhan mendesak sudah terpenuhi, hutang sudah dibayarkan. Rekan bisa menggunakan uang THR yang didapat untuk ditabung, Pisahkan uang tunjangan yang diterima kedalam rekening tabungan. Jangan hanya menggunakan uang tambahan yang rekan dapat untuk bersenang-senang dan keperluan sekali pakai saja.

Uang tunjangan ini dapat bermanfaat bagi tabungan bila rekan pandai mengaturnya. Sisihkan kira-kira 10 persen dari uang tunjangan yang diterima untuk ditabung.

Baca Juga : 6 Macam Kebiasaan untuk Meningkatkan Saldo Tabungan

Sisihkan untuk Investasi

THRsumber : sunlife.co.id

Rekan juga bisa menginvestasikan uang yang didapat, jangan hanya menggunakannya untuk pengeluaran sehari-hari tapi juga pikirkan untuk jangka panjang. Dengan menginvestasikannya uang THR yang didapat lebih bermanfaat bagi kehidupan finansial rekan.

Ditambah lagi, modal untuk investasi ini rekan dapatkan cuma-cuma, maka keuntungan yang didapat menjadi berlipat ganda. Sisihkan setidaknya 10 persen dari jumlah uang tunjangan yang rekan dapat untuk berinvestasi.

Baca Juga : Ini 6 Investasi Terbaik yang Bisa Dilakukan pada Tahun 2019!

Berbagi dengan yang Membutuhkan

THRsumber : Komunita.ID

Setelah rekan mendapatkan berkah berupa uang THR ini, tidak ada salahnya menyalurkan berkah itu pada orang lain yang membutuhkan. Apalagi dibulan penuh berkah seperti ramadhan ini. Banyak orang diluar sana yang membutuhkan bantuan, salah satunya bantuan uang.

Dengan berbagi bersama orang yang membutuhkan, uang tunjangan yang rekan terima akan lebih terasa berkah dan tentu bermanfaat bagi sesama.

Baca Juga : 6 Manfaat dari Mengumpulkan Uang Receh yang Seringkali Diabaikan

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa rekan lakukan agar THR yang didapatkan lebih bermanfaat dan membuat ramdhan menjadi lebih sejahtera juga berkah. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat ya rekan!

THR

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: