Yuk, Kenali 3 Dampak Negatif dan 3 Dampak Positif dari Cashless Society!

Zaman terus berubah, semakin berubahnya zaman, maka semakin berubah pula segala sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan manusia. Salah satu hal yang berubah dari perkembangan zaman yaitu teknologi. Dengan adanya teknologi, maka, berubah pula sistem transaksi yang ada.

Yuk, Kenali 3 Dampak Negatif dan 3 Dampak Positif dari Cashless Society!

Yuk, Kenali 3 Dampak Negatif dan 3 Dampak Positif dari Cashless Society!

Mungkin dulu setiap transaksi mengharuskan Rekan Bijak untuk mengeluarkan sejumlah uang secara tunai, tetapi dengan adanya teknologi, maka, Rekan Bijak bisa melakukan transaksi tanpa tunai atau cashless society. Cashless society (CS)adalah sejumlah orang yang melakukan atau mulai terbiasa menggunakan pembayaran tanpa tunai atau non-tunai. Cashless society mulai berkembang pesat di Indonesia.

Selain di Indonesia cashless society juga berkembang di berbagai negara yang ada di dunia, namun, di negara-negara maju sudah dari 2014 sistem pembayaran ini sudah mulai digunakan, seperti negara Belgia, Perancis, Kanada. Bahkan, Bank Indonesia sudah mulai mulai membuat standarisasi QR Code dan menerbitkan izin mobile payment untuk perusahaan-perusahaan yang menggunakan sistem pembayaran non-tunai ini. Ada berbagai macam dampak yang ditimbulkan dari CS ini. Lalu, apa saja ya dampak yang ditimbulkan dari cashless society ini?

Dampak Negatif : Konsumtif

Cashless SocietySumber : economy.okezone.com

Dampak yang pertama yang ingin Danabijak bahasa yaitu dampak negatif yang bisa membuat Rekan Bijak menjadi konsumtif dan menjadi pribadi yang boros. Mengapa demikian? karena, adanya CS ini, maka, Rekan Bijak jadi mudah tertarik untuk membeli berbagai macam produk yang ada, karena, adanya berbagai penawaran ataupun promo. Tidak bisa dipungkiri, hampir seluruh manusia yang ada di dunia senang dengan penawaran ataupun promo yang bisa menguntungkan diri sendiri.

Tetapi, Rekan Bijak harus tetap sadar dan menahan diri untuk membeli berbagai produk, supaya tidak menjadikan Rekan Bijak menjadi pribadi yang boros dan konsumtif, karena, biasanya konsumtif hanya menguntungkan Rekan Bijak sementara saja, dan kedepannya bisa merugikan Rekan Bijak dengan berkurangnya keuangan yang dimiliki Rekan Bijak.

Baca Juga : Merasa Boros? 6 Tips Ini Membantu Kamu Menghadapi Belanja Impulsif

Dampak Negatif : Adanya Biaya Transaksi

Cashless SocietySumber : ekonomi.kompas.com

Dampak negatif selanjutnya yaitu adanya biaya transaksi. Jika, Rekan Bijak melakukan pembayaran dengan tunai, Rekan Bijak tidak diharuskan untuk membayar biaya transaksi, Rekan Bijak hanya diharuskan membayar pajak atau malah tidak harus membayar pajak (jika membeli di pasar tradisional). Tetapi, dengan CS, maka Rekan Bijak harus membayar biaya transaksi. Walaupun, biaya transaksi yang ditentukan tidak begitu banyak atau mahal, tetapi, jika terus-menerus Rekan Bijak pakai dan keluarkan, tentu dapat berdampak negatif bagi keuangan Rekan Bijak.

Baca Juga : Transaksi? Lebih Baik Tunai, Debit, atau Kredit? Yuk, Cermati Kekurangan dan Kelebihannya!

Dampak Negatif : Kartu Hilang Berarti Rugi

Cashless SocietySumber : caraku.id

Dampak negatif yang terakhir yaitu saat kartu hilang, maka Rekan Bijak akan rugi. CS ini tidak seperti kartu kredit atau kartu debit yang memiliki pin atau password yang berfungsi untuk mengamankan uang, serta data diri yang dimiliki Rekan Bijak. CS ini tidak memiliki pengaman seperti itu, sehingga bisa merugikan Rekan Bijak saat kartu yang dimiliki Rekan Bijak hilang, kartu yang dimaksud di CS ini, seperti e-money, flazz, dan masih banyak lagi. Untuk mengatasi kerugian dari hilangnya kartu CS ini, sebaiknya Rekan Bijak jangan mengisi kartu dengan jumlah yang besar.

Dampak Positif : Nyaman dan Efisien

Cashless SocietySumber : campuspress.yale.edu

Selain adanya dampak negatif yang ditimbulkan, ada juga dampak positif yang ditimbulkan dari cashless society ini yaitu yang pertama nyaman dan efisien. Nyaman dan efisien, karena, Rekan Bijak tidak perlu ribet-ribet lagi membawa dompet yang diisi uang tunai, bahkan, tidak perlu lagi membawa dompet besar yang mengharuskan Rekan Bijak membawa tas yang tidak kalah besar juga. CS ini terus mengalami perkembangan, sehingga sekarang tidak lagi menggunakan kartu, tetapi hanya dengan smartphone-pun Rekan Bijak bisa membeli suatu produk dan hal tersebut tentu membuat Rekan Bijak nyaman dan efisien.

Baca Juga : 4 Keuntungan Transaksi Menggunakan QR Payment

Dampak Positif : Perencanaan Ekonomi Lebih Akurat

Cashless SocietySumber : halodoc.com

Dampak positif yang selanjutnya yaitu perencanaan ekonomi lebih akurat. Dengan menggunakan CS, maka bisa membantu Rekan Bijak dalam perencanaan ekonomi yang lebih akurat, karena, Rekan Bijak tidak perlu repot mencatat secara manual, melainkan di catat secara otomatis menggunakan sistem yang sudah terhubung dalam salah satu payment. Bahkan, Rekan Bijak bisa mendapatkan perencanaan ekonomi dengan sangat detail.

Baca Juga : 5 Cara Praktis untuk Mengelola Perencanaan Keuangan Usaha

Dampak Positif : Banyak Penawaran dan Promo

Cashless SocietySumber : dibacaonline.com

Dampak positif yang terakhir yaitu adanya penawaran dan promo yang diberikan. Dari beberapa dampak positif yang ada, ini adalah dampak positif yang pasti Rekan Bijak suka. Cashless society di Indonesia masih sangat baru dan hangat, sehingga berbagai perusahaan financial atau perusahaan lain berlomba-lomba memberikan penawaran dan promo yang bisa membuat masyarakat Indonesia terus menggunakannya. Bahkan, ada salah satu perusahaan yang memberikan penawaran berupa cashback ditambah dengan promo yang tidak sedikit yaitu sekitar 50% – 60%.

Baca Juga : Jangan Lewatkan 4 Macam Promo Kartu Kredit ini, Rekan Bijak!

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu kan mengenai berbagai dampak dari cashless society? Jika sudah, semoga artikel dari Danabijak ini dapat bermanfaat ya!

Cashless Society

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: