Yuk, Kenali 7 Hal yang Menandakan Keuangan Sehat atau Tidak Sehat Ini!

Adanya pengelolaan keuangan dapat menciptakan kondisi keuangan sehat. Kemampuan mengatur keuangan secara cermat dan baik memang dibutuhkan agar hidup terarah, tenang dan lancar. Tidak peduli seberapa besar atau kecil gaji yang rekan miliki, pasti akan terasa tidak cukup bila tidak ada pengelolaan yang baik.

Yuk, Kenali 7 Hal yang Menandakan Keuangan Sehat atau Tidak Sehat Ini!

Yuk, Kenali 7 Hal yang Menandakan Keuangan Sehat atau Tidak Sehat Ini!

Banyaknya pengeluaran yang rekan keluarkan baik perhari maupun perbulan, membuat rekan mungkin tidak memikirkan seperti apa kondisi keuangan rekan saat ini. Padahal penting menjaga keuangan sehat, agar hidup dapat terus berjalan.

Dan penting juga mengetahui kondisi keuangan rekan apakah sedang bermasalah agar dapat cepat diambil tindakan untuk memperbaiki masalah tersebut. Keuangan yang tidak sehat selalu bisa dirasakan oleh rekan semua, tidak terkecuali rekan yang berpenghasilan besar sekalipun.

Karena ciri keuangan sehat tidak dilihat dari seberapa besar gaji yang didapatkan, melainkan 7 hal berikut ini yang menandakan apakah kondisi keuangan rekan sehat atau tidak :

Memilki Penghasilan Tetap

Keuangan Sehatsumber : bisnis.tempo.co

Hal pertama yang manjadi tanda bahwa keuangan rekan sehat adalah memilki penghasilan yang tetap. Bukan masalah besar kecilnya gaji yang diterima, namun apakah rekan memiliki penghasilan yang tetap setiap bulannya atau tahunnya.

Jika pendapatan rekan masih belum menentu saat ini walau jumlah yang dihasilkan besar, namun sebenarnya keuangan rekan belum sehat atau sedang bermasalah. Rekan bisa mencoba cari pekerjaan yang memilki penghasilan lebih tetap.

Baca Juga : 8 Macam Bisnis Modal Kecil yang Dapat Dijadikan Pendapatan

Memilki Catatan Anggaran yang Jelas

Keuangan Sehatsumber : megalawlz.com

Pengaturan keuangan yang jelas sangatlah diperlukan, dengan memiliki catatan anggaran yang jelas, rekan akan lebih mudah mengatur keuangan. Catatan pemasukan uang dan pengeluaran untuk berbagai macam kebutuhan, seperti berapa anggaran untuk membeli kebutuhan pokok, untuk ditabung, membayar cicilan dan keperluan lainnya.

Jika rekan belum memiliki catatan anggaran yang jelas, bisa diartikan bahwa keuangan rekan sedang sakit. Karena dana yang rekan miliki terasa hilang begitu saja dan tidak diketahui kemana saja uang yang dimiliki mengalir. Maka keuangan rekan sedang bermasalah, karena tidak diatur dengan baik.

Baca Juga : 7 Macam Alokasi Dana yang Perlu Ada dalam Pengeluaran

Memilki Dana Darurat

Keuangan Sehatsumber : bicaraperempuan.com

Apapun status dan kondisi rekan, memiliki dana darurat merupakan suatu kewajiban. Dana darurat adalah dana yang hanya digunakan saat keadan sedang darurat atau genting saja. Dana darurat memilki peranan penting dalam membantu saat terjadi keadaan tak terduga.

Oleh karena itu dana darurat sebaiknya ditaruh di instrumen keuangan yang likuid seperti tabungan, deposito ataupun reksa dana pasar uang. Pada umumnya, rekan sebaiknya memiki dana darurat enam hingga dua belas kali lipat dari pengeluaran bulanan rekan.

Jumlah dana darurat dapat menyesuaikan dengan status dan kondisi rekan. Jika rekan masih belum dana darurat sebaiknya segeralah memilikinya.

Baca Juga : Ini Dia Cara Tepat Untuk Menyiapkan Dana Darurat!

Mampu Melunasi Hutang dan Cicilan yang Ada

Keuangan Sehatsumber : hukumkartukredit.files.wordpress.com

Memiliki hutang atau cicilan tidak akan menjadi masalah selama rekan mampu untuk melunasi semua tagihannya. Dan saat rekan mampu memenuhi semua tagihan tersebut dapat dikatakan rekan memilki kondisi keuangan sehat.

Namun jika rekan tidak mampu memenuhi hutang dan tagihan yang ada berarti kondisi keuangan sedang dalam masalah. Untuk mengatasi masalah tersebut rekan dapat mencari penghasilan tambahan.

Jika rekan memilki tagihan kartu kredit, seharusnya rekan dapat membayar lunas saat jatuh tempo.

Baca Juga : 7 Tips Menyelesaikan Hutang Kartu Kredit

Memilki Asuransi Jiwa

Keuangan Sehatsumber : palembang.tribunnews.com

Memilki proteksi merupakan salah satu kewajiban dalam keuangan. Salah satu media untuk proteksi adalah asuransi. Asuransi merupakan salah satu produk keuangan yang memilki fungsi memberikan proteksi keuangan.

Setidaknya, rekan memilki asuransi jiwa untuk melindungi jiwa rekan saat terjadi kecelakaan atau kejadian tak terduga. Jika rekan memilki aset lain seperti rumah, mobil dan aset lainnya sebaiknya lindungi dengan asuransi juga. Agar rekan tetap memiliki keuangan sehat.

Baca Juga : Mengenal Jenis Asuransi Kendaraan

Memilki Tabungan

Keuangan Sehatsumber : gaya.tempo.co

Tabungan adalah salah satu hal yang harus dimiliki agar rekan dapat menyisihkan uang dan menyimpannya untuk masa depan. Sekarang, berapa jumlah tabungan rekan?

Jika tabungan rekan sudah diatas lima kali lipat gaji atau pendapatan bulanan rekan, maka keuangan dapat dikatakan sebagai keuangan sehat. Namun jika dibawah itu, maka rekan perlu melakukan perbaikan untuk kondisi keuangan rekan.

Baca Juga : 6 Macam Kebiasaan untuk Meningkatkan Saldo Tabungan

Memiliki Aset Investasi

Keuangan Sehatsumber : portalinvestasi.com

Jika rekan hanya memiliki tabungan saja namun tidak berinvestasi, maka kondisi keuangan rekan belum sepenuhnya sehat. Rekan juga perlu melakukan investasi karena terjadi inflasi yang akan membuat tabungan tidak terlalu efektif.

Untuk mengurangi resiko dalam berinvestasi rekan bisa melakukan diversifikasi dalam berinvestasi. Misalnya, rekan bisa menaruh sebagian uang di saham, sebagian lagi di reksa dana, dan sebagainya. Selain itu, rekan juga bisa mencoba berinvestasi di bisnis.

Baca Juga : 5 Manfaat Investasi yang Menguntungkan jika Rajin Melakukannya

Nah, itu dia rekan beberapa hal yang menandakan keuangan sehat atau tidak. Jadi, apakah rekan sudah memiliki keuangan sehat atau belum? semoga sudah ya. Dan semoga artikel ini bermanfaat ya rekan bijak!

Keuangan Sehat

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: