Yuk, Kenali Jenis-Jenis Cashback yang Menguntungkan Ini!

Saat ini rekan pasti sering sekali melihat promo suatu produk yang menamakan dirinya sebagai cashback, ada banyak sekali orang yang belum mengerti apa itu sebenarnya cashback, bagaimana cara kerjanya, serta apa saja kekurangan dan kelebihan promo ini.

Yuk, Kenali Jenis-Jenis Cashback yang Menguntungkan Ini!

Yuk, Kenali Jenis-Jenis Cashback yang Menguntungkan Ini!

Mari bahas arti dari cashback ini terlebih dahulu, pengertiannya adalah sebuah penawaran di mana pembeli diberikan presentase pengembalian uang tunai atau uang virtual atau bahkan diberikan suatu produk tetapi dengan memenuhi syarat pembelian yang telah ditentukan oleh pihak penyelenggara.

Baca Juga: Transaksi? Lebih Baik Tunai, Debit, atau Kredit? Yuk, Cermati Kekurangan dan Kelebihannya!

Kebanyakn promosi cashback saat ini biasanya tidak langsung memberikan pengembalian uang tunai pada pembeli. Namun biasanya memberikan dalam bentuk deposit. Cara ini dipakai agar pembeli di lain waktu akan melakukan pembelian kembali menggunakan deposit tersebut kepada pihak yang memberikan promo tersebut.

Saat ini bentuk cashback sudah banyak dan beragam, banyak perusahaan yang memberikan dalam bentuk barang. Ada banyak jenis-jenis program atau promo cashback yang saat ini sudah umum di sekitar rekan, apa saja? berikut uraiannya :

Cashback Kartu Kredit

Cashbacksumber : kolampixel.com

Cashback kartu kredit adalah suatu program yang dikeluarkan oleh suatu bank tertentu yang memberikan keuntungan dimana penerbit kartu kredit akan memberikan pengembalian sejumlah uang bila rekan melakukan transaksi tertentu atau ketika nilai transaksi yang rekan lakukan mencapai nominal tertentu.

Selain pengembalian uang, juga bisa memberikan potongan harga dari hasil pembelanjaan yang dilakukan. Tentunya secara umum, pengembalian sebagian uang transaksi ini tergantung dari kebijakan masing-masing bank dan jenis kartu yang dimiliki dengan jumlah presentase pengembalian yang diberikan bervariasi dari jumlah transaksi yang dilakukan. Semakin besar transaksi yang rekan lakukan maka semakin besar jumlah uang atau potongan harga yang akan didapatkan.

Bahkan saat ini beberapa bank sudah mengeluarkan kartu kredit cashback, yaitu kartu kredit yang khusus memberikan pengembalian tertentu, tetapi dengan syarat dan ketentuan yang telah diberlakukan.

Baca Juga: Jangan Lewatkan 4 Macam Promo Kartu Kredit ini, Rekan Bijak!

Cashback Toko Online

Cashbacksumber : ipospedia.com

Ini merupakan program yang dikeluarkan oleh toko online tertentu yang memberikan keuntungan dimana pihak toko online akan memberikan pengembalian sejumlah uang bila rekan melakukan pembelian barang di toko tersebut dalam jumlah nominal tertentu.

Selain pengembalian uang, biasanya cashback toko online memberikan pengembalian yang dapat dipakai pada pembelanjaan berikutnya di toko online yang sama, jadi pembelian berikutnya akan mendapatkan potongan sekian persen sesuai dengan ketentuan yang dibuat pihak toko online.

Cara ini menguntungkan baik bagi konsumen maupun pihak toko online, dari sisi konsumen dapat menghemat untuk pembelian selanjutnya, sedangkan untuk pihak toko online hal ini bisa membentuk consumer loyalty untuk toko online tersebut.

Baca Juga: 6 Alasan Belanja di Toko Online Lebih Murah daripada Toko Konvensional

Cashback Kendaraan

Cashbacksumber : Bukalapak.com

Ini merupakan program yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan pembiayaan atau leasing yang memberikan keuntungan dimana perusahaan leasing akan memberikan cashback jika konsumen membeli kendaraan bermotor yang mereka jual baik mobil maupun sepedah motor.

Selain pengembalian uang tunai biasanya juga dalam bentuk suatu barang, misalnya laptop, handphone, tablet dll. Promo ini sangat disukai konsumen, karena konsumen senang akan mendapatkan suatu bonus barang dari pembelian kendaraan bermotor yang mereka lakukan.

Baca Juga: Perhatikan 6 Hal ini sebelum Melakukan Cicilan Mobil!

Cashback Properti

Cashbacksumber : netralnews,.com

Program promo ini hampir sama dengan cashback properti, yaitu suatu program yang dikeluarkan oleh suatu pengembang atau developer properti yang memberikan kuntungan dimana pengembang properti akan memberikan cashback dalam bentuk suatu barang sebagai pelengkap properti yang dibeli baik itu rumah, apartemen , ruko dan lainnya. Misalnya TV, AC, Lemari Es, dan sebagainya, bahkan ada pengembang properti yang memberikan kendaraan bermotor yaitu sepeda motor atau mobil jika harga properti tersebut cukup besar.

Promo ini terbukti cukup ampuh untuk menjaring konsumen, karena konsumen menganggap akan melakukan penghematan setelah membeli properti yang harganya cukup mahal tersebut karena kan mendapatkan bonus yang nilainya cukup besar pula.

Baca Juga: Tentang Investasi Properti, Investasi Untung yang ‘Bikin Nagih’

Cashback Struk Belanja

Cashbacksumber : Liputan6.com

Mungkin hal ini baru rekan dengar, cashback yang berasal dari struk belanja barang kebutuhan, seperti sabun, sikat dan pasta gigi, bahan makanan dan lainnya. Baru-baru ini ada beberapa perusahaan yang melakukan bisnis unik ini untuk keuntungan konsumen. Yang memberikan keuntungan pengembalian uang ketika rekan berbelanja bulanan di supermarket.

Setelah berbelanja mingguan atau bulanan di supermarket, jangan buang struk pembelanjaannya, lebih baik disimpan untuk di upload pada aplikasi atau website yang menyediakan cashback struk belanja. Setelah meng-upload struk belanja maka pengembalian uang tunai pada setiap produk yang terdapat dalam struk akan mengalir ke rekening bank rekan.

Baca Juga: 5 Tips dan Trik Belanja Hemat di Supermarket yang Perlu Kamu Tahu!

Program cashback ini menggiurkan bukan? selain bisa mendapat pengembalian uang tunai juga terdapat bonus berupa barang yang tentu akan menghemat pengeluaran rekan. Namun dibalik itu rekan juga perlu memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku agar tidak rugi karena syarat pengembalian yang rumit.

Jadi, lebih teliti lagi saat mengikuti promo ini dan semoga artikel ini bermanfaat bagi rekan dan orang terdekat rekan bijak!

Cashback

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: