Simak 6 Tips Belanja Hemat agar Lebaran Lebih Menyenangkan!

Setelah melewati satu bulan dengan berpuasa, umat muslim sangat menantikan datangnya hari kemenangan yaitu hari raya idul fitri atau lebaran. Yang tentunya diperlukan persiapan dalam menyambut hari tersebut.

Simak 6 Tips Belanja Hemat agar Lebaran Lebih Menyenangkan!

Simak 6 Tips Belanja Hemat agar Lebaran Lebih Menyenangkan!

Kalau sudah menjelang lebaran, biasanya para ibu atau wanita akan mulai sibuk dengan berbagai persiapan untuk menyambut hari raya, salah satunya dengan berbelanja. Mulai dari belanja bahan makanan, sandal dan sepatu baru, hingga baju baru yang menjadi belanjaan yang wajib dibeli.

Meski sebenarnya hari raya lebaran masih agak lama, namun kemeriahan serta keramaian pusat-pusat perbelanjaan sudah pasti mulai terlihat. Berbagai diskon pun mulai ditawarkan, hingga membuat para wanita hampir tak dapat menahan hasrat untuk membeli semuanya.

Dibuthkan dana yang besar untuk membeli semua keperluan tersebut, tak terasa uang mengalir keluar begitu cepat di masa-masa menjelang lebaran. Sehingga banyak yang kebingungan karena persediaan uang bahkan THR yang diterima sudah menipis, sementara harga-harga menjelang lebaran biasanya melonjak tinggi dari harga normal.

Nah, untuk itu mari simak beberapa tips belanja hemat untuk lebaran berikut ini :

Tulis Daftar Prioritas Belanja

Lebaransumber : Femina.com

Terkadang tanpa sadar, rekan sering membeli barang barang secara spontan saat berada di pusat perbelanjaan tanpa berpikir apakah barang itu rekan benar-benar perlukan atau tidak. Apalagi jika sudah menerima gajian dan mendapat THR, rasanya semua barang ingin rekan beli. Membuat lapar mata, padahal rekan belum tentu butuh barang itu.

Karna itu penting untuk membuat daftar belanjaan yang menjadi prioritas rekan. Kira-kira belanjaan apa yang harus dibeli untuk kebutuhan lebaran nanti, apalagi harga-harga pasti naik jadi saat belanja harus mendahulukan prioritas yang memang perlu untuk dibeli. Apakah itu pakaian, sepatu, sandal, kue, atau hal lain?

Jadi, nantinya rekan bisa membagi uang berdasarkan kebutuhan.

Baca Juga : 3 Tips Mengatur Keuangan Keluarga Saat Lebaran

Buat Anggaran Belanja

Lebaransumber : malahayati.ac.id

Setelah membuat daftar hal apa saja yang perlu di dahulukan untuk dibeli. Langkah selanjutnya adalah membuat anggaran belanja, berapa uang yang akan digunakan untuk membeli bahan makanan, berapa yang akan dipakai untuk membeli pakaian dan lainnya.

Rekan harus membagi uang yang dimiliki agar tidak boros dan sesuai kebutuhan. Pisahkan uang untuk kebutuhan lebaran dan untuk kebutuhan harian. Ini bertujuan agar rekan tahu seberapa banyak uang yang akan dibelanjakan. Sehingga memperkecil masalah yang akan tibul di kemudian hari akibat uang yang seharusnya untuk membeli keperluan harian justru habis karena dipakai membeli pakaian.

Baca Juga :7 Macam Alokasi Dana yang Perlu Ada dalam Pengeluaran

Pisahkan Antara Kebutuhan dan Keinginan

Lebaransumber : skyscanner.co.id

Selama membuat daftar belanja maupun anggaran untuk belanja, rekan harus bisa memisahkan mana yang merupakan kebutuhan dan mana yang merupakan keinginan. Jangan sampai dua hal tersebut bercampur aduk dan justru hal yang masuk kedalam daftar belanja dan anggaran didominasi oleh keinginan.

Karena tak sedikit dari rekan malah terlalu banyak mengeluarkan uang untuk membeli hal yang sebenarnya hanya sebuah keinginan yang tidak dibutuhkan. Untuk itu rekan perlu pintar dalam memisahkan dua hal ini agar anggaran yang ada dapat tersalur dengan benar sesuai kebutuhan.

Baca Juga : 4 Cara Membedakan Antara Keinginan dan Kebutuhan

Cari Referensi Belanja dari Internet

Lebaransumber : travel.tribunnews.com

Saat THR belum turun, tapi gaji sudah turun bukan berarti rekan akan diam saja dan tidak belanja kan? salah satu cara untuk menghemat gaji bulanan rekan adalah dengan mencari referensi barang yang ingin dibeli melalui internet.

Rekan bisa mencari model atau motif yang diinginkan atau bahkan melakukan perbandingan harga saat ajan membeli online atau offline. Atau perbandingan harga barang ditoko satu dengan toko yang lain. Dengan begitu rekan bisa memilih mana yang sekiranya barang berkualitas tanpa perlu mengeluarkan biaya yang terlalu mahal.

Manfaatkan Diskon dan Promo yang Ada

Lebaransumber : tribunnews.com

Saat menjelang hari raya, biasanya hampir semua pusat perbelanjaan memberikan diskon besar-besaran yang bisa rekan manfaatkan untuk menghemat pengeluaran belanja. Pilih barang-barang berkualitas baik tapi dengan harga yang murah.

Banyak barang yang diberi diskon besar-besaran padahal itu memang harga aslinya, jadi rekan harus pintar-pintar membedakan mana barang yang memang telah di diskon. Dan jangan sampai karena banyak diskon rekan menjadi tidak terkendali saat berbelanja dan menjadi boros, sehingga belanjaan tidak sesuai apa yang sudah direncanakan.

Baca Juga : Merasa Boros? 6 Tips Ini Membantu Kamu Menghadapi Belanja Impulsif

Sesuaikan Pengeluaran dan Pemasukan

Lebaransumber : economy.okezone.com

Ini yang perlu menjadi cacatan penting bagi rekan semua, selalu mengukur pengeluaran sesuai dengan kemampuan pemasukan keuangan rekan. Tidak perlu terpengaruh oleh gengsi ingin membeli berbagai barang dengan brand terkenal yang harganya selangit, atau karna termakan diskon besar.

Hindari berhutang untuk membeli kebutuhan-kebutuhan yang memang rekan mampu membelinya. Baik itu hutang langsung maupun hutang kredit. Ramadhan adalah bulan penyucian, rekan akan kembali fitrah dan bersih, jangan sampai selesai bulan ramadhan dan lebaran rekan justru terlilit tumpukan hutang.

Baca Juga :7 Tips Cerdas Mengatur Keuangan bagi Ibu Rumah Tangga!

Itu dia rekan, beberapa tips belanja hemat yang bisa kamu ikuti agar lebaran lebih menyenangkan tanpa beban hutang yang menanti. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi rekan dan orang terdekat rekan bijak!

Lebaran

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: