Yuk, Simak 7 Keuntungan Berbelanja di Pasar Tradisional Ini!

Manajemen keuangan keluarga sebenarnya bisa dilakukan dengan cra yang sederhana, salah satunya dengan mengontrol pengeluaran agar tidak melebihi pendapatan yang diterima. Bisa dengan menghemat belanja kebutuhan sehari-hari misalnya.

Yuk, Simak 7 Keuntungan Berbelanja di Pasar Tradisional Ini!

Yuk, Simak 7 Keuntungan Berbelanja di Pasar Tradisional Ini!

Rekan termasuk orang yang lebih suka berbelanja di pasar tradisional atau supermarket? jika rekan berada pada posisi orang yang lebih memilih belanja di pasar tradisional, mungkin reka sudah tahu keuntungan apa saja yang akan di dapatkan saat berbelanja di pasar tradisional.

Namun, jika rekan berada pada posisi orang yang suka belanja di supermarket, coba untuk memulai belanja di pasar tradisional. karena rekan akan mendapatkan beberapa keuntungan yang akan mungkin membuat berpaling dari supermarket. Di era sekarang ini alasan ditinggalkannya tradisi berbelanja di pasar tradisional karena tempatnya yang terkadang kurang nyaman dibandingkan dengan tempat berbelanja di supermarket.

Baca Juga : 5 Tips dan Trik Belanja Hemat di Supermarket yang Perlu Kamu Tahu!

Di luar tempatnya yang kadang kurang nyaman, lebih banyak keuntungan yang akan rekan dapatkan. Apa saja keuntungannya? mari ulas satu persatu :

Buka Lebih Pagi

Pasar Tradisionalsumber : metrokaltara.com

Kegiatan jual beli yang dilakukan di pasar tradsional terbilang unik, saat masih banyak tempat perbelajaan lain yang masih tutup. Pasar ini sudah buka lebih awal, biasanya para pedagang sudah membuka lapaknya sejak subuh.

Kegiatan ini memudahkan pembeli yang mencari bahan masakan atau untuk bahan dagangannya kembali. Seperti penjual sembako keliling yang membeli barang dagangannya. Atau pemilik rumah makan yang membutuhkan bahan untuk masakanya yang harus sudah jadi pagi-pagi.

Baca Juga : 6 Persiapan yang Perlu Dilakukan Sebelum Membuka Usaha Makanan

Harga Jauh Lebih Murah

Pasar Tradisionalsumber : kabarselebes.id

Tidak hanya menguntungkan dalam hal waktu kapan kita mebutuhkannya. Tetapi juga mengenai harga barang dagangan yang disediakan dengan harga lebih murah dibandingkan tempat perbelanjaan lainnya. Hal ini sangat menguntungkan bagi masyarakat khususnya masyarakat ekonomi menengah kebawah yang ingin mutu yang baik namun dengan harga yang murah.

Murah bukan berarti murahan. Harga di pasar bisa lebih murah karena modal yang di keluarkan pedagang juga tidak terlalu tinggi seperti tempat perbelanjaan lain, dan tidak ada pajak dagangan seperti di supermarket. Selain itu pedagang di pasar juga memasok barang dagangannya langsung dari pemasok lokal atau juga langsung dari petaninya.

Baca Juga : 6 Strategi agar Belanja Bulanan Tak Jadi Beban

Bisa Tawar Menawar

Pasar Tradisionalsumber : nationalgeographic.grid.id

Sudah dibandrol murah oleh penjual namun masih bisa di geser harganya menjadi lebih murah alias bisa ditawar. Ini yang paling disukai oleh ibu-ibu rumah tangga dengan alasan untuk menghemat dan lebih menghemat pengeluaran lagi. Tradisi tawar menawar sendiri sampai sekarang masih kental di area pasar tradisional, dan ini menjadi daya tarik tersendiri untuk pembeli yang mengunjungi pasar.

Tapi ingat, jangan sampai rekan menawar hingga mencekik pedagangnya. Karena mayoritas pedagang yang berjualan di pasar tradisional adalah pedagang kecil.

Baca Juga : 8 Kebiasaan Sederhana untuk Menghemat Pengeluaran Bulanan

Produk Lebih Segar

Pasar Tradisionalsumber : pixabay.com

Barang dagangan yang disuguhkan di pasar lebih segar karena dipasok langsung dari pemasok atau petani lokal yang dibeli dini hari untuk dijual pada pagi hari itu juga, sehingga barang dagangan masih segar. Dan kegiatan itu berulang setiap hari, jadi pedagang membeli barang dini hari menjualnya pagi hari hingga siang, kemudian berulang dihari berikutnya.

Baca Juga : Alasan Sayur dan Buah Lebih Baik daripada Mengonsumsi Multivitamin

Lebih Lengkap dan Banyak Pilihan

Pasar Tradisionalsumber : goodnewsfromindonesia.id

Barang yang dijual juga lebih beragam dan lengkap, dibandingkan di supermarket apalagi minimarket. Hampir semua kebutuhan rekan ada di pasar tradisional, mulai dari bahan mentah, sayur mayur, buah-buahan, alat rumah tangga, samapi pakaian dalam pun ada. Biasanya tempatnya sudah sesuai jenisnya masing-masing. Jadi saat rekan ingin membeli ayam akan tersedia lebih dari satu pilihan daging ayam yang dijual pedagang yang berbeda.

Baca Juga : 7 Tempat Berbelanja dan Pasar Murah di Jakarta

Bisa Lebih Akrab dengan Penjual

Pasar Tradisionalsumber : news.rakyatku.com

Hal yang tidak akan rekan dapatkan bila berbelaja di supermarket, adalah proses tawar menawar dan transaksi dipasar akan membuat rekan akrab dan dikenal oleh penjual dan sebaliknya. Dan saat rekan menjadi langganan, maka rekan akan menjadi prioritas penjual.

Selain itu jika rekan sudah akrab dengan pedagangnya, sudah pasti rekan akan diberikan harga spesial saat membeli barang dagangannya. Jadi lebih menguntungkan.

Baca Juga : 8 Jenis Pemborosan Ini Bisa Diakali dengan Hidup Hemat, loh!

Membantu Meningkatkan Ekonomi Rakyat Kecil dan Mencintai Produk Lokal

Pasar Tradisionalsumber : mysocialmate.com

Pasar tradisional dipenuhi oleh pedagang kecil. Karena banyaknya supermarket yang merajalela khususnya di kota-kota besar membuat pendapatan pedagang di pasar tradisional menjadi semakin kecil.

Maka dari itu jika rekan berbelanja di pasar sama dengan membantu perekonomian pedagang yang berjualan disana. Tak hanya itu produk yang dijual di pasar semuanya rata-rata dipasok oleh petani dan pedagang lokal lainnya. Hingga produk yang dipasok juga merupakan hasil produk lokal.

Baca Juga : Ingin Berhemat Tanpa Menyiksa Diri? Yuk, Ikuti 6 Tips Ini!

Jadi itu adalah beberapa keuntungan jika rekan berbelanja di pasar tradisional. Sudah ingin mencoba berbelanja ke pasar? apapun keputusan rekan semoga itu yang paling menguntungkan rekan. Dan semoga artikel ini bermanfaat ya rekan bijak!

Pasar Tradisional

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: